Monday 17 February 2014

Mengenal Asam Urat

Anda sedang terkena penyakit asam urat, dan mungkin sampai sekarang belum juga kunjung sembuh, ? Anda tak perlu khawatir, mari kita temukan solusinya dengan mengenal apa itu Asam Urat?

Seperti apa sih asam urat itu, ?

tips mengobati penyakit asam urat
Nah, sedikit pembahasan mengenai penyakit asam urat.Asam Urat atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan hyperuricemia, adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Nah Purin itu sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, karena itu kita bisa saja mengobati asam urat dengan diet purin. Perlu diketahui, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah kedalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. Gejala gejala yang biasa dirasakan penderita asam urat di usia tua antara lain

Gejala  penderita Asam Urat antara lain :

  • Adanya benjolan di sekitar sendi, ini dikarenakan adanya kristalisasi di persendian. yang seharusnya di ruang sendi itu luas dan berisi cairan sendi, menjadi berisi kristal-kristal asam urat yang mengganggu gerak sendi. bila kristal-kristal asam urat ini trus menumpuk akan terlihat benjolan-benjolan seperti kristal di bagian sendi.
  • Pegal-pegal atau merasa kesemutan, karena merasakan nyeri, pegal-pegal dan adanya rasa kesemutan membuat penderita asam urat sulit untuk langsung mengubah posisi pasien yang tadinya duduk, jadi berdiri, tidur menjadi berdiri, dll.
  • Nyeri pinggang dan sulit buang air besar, pada penderita asam urat yang sudah parah dan tak terkontrol, maka akan terjadi pembentukan batu asam urat pada ginjal ataupun saluran kemih pasien, karena adanya batu sehingga menyumbat pengeluaran air urin, dan terjadi penumpukan air urin yang secara tidak langsung akan berujung pada kerusakan ginjal secara perlahan-lahan. Adanya gangguan pada ginjal atau saluran berkemih, menimbulkan gejala nyeri pinggang yang menjalar maupun yang tidak menjalar. Karena itu para penderita asam urat, sangat disarankan untuk memperbanyak meminum air mineral atau air putih, untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.
  • Nyeri Persendian, biasanya sangat dipengaruhi oleh perubahan suhu, terutama pada suhu dingin, pada pagi hari atau malam hari.
Penyebab pasti asam urat masih dalam perdebatan, tetapi ada teori umum menyebutkan bahwa makanan yang mengandung purin tinggi merupakan penyebab utama asam urat. Nah sebagai contoh makanan yang mengandung banyak purin diantaranya adalah daging merah, kerang, kacang-kacangan, dan beberapa sayuran tertentu. Ada juga yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak secara konsisten dan sering bisa menyebabkan asam urat. So, tuk kamu yang terkena asam urat bisa mulai mengurangi atau menjadikan diet purin sebagai cara pertama obat asam urat.

No comments:

Post a Comment